Sabtu, 05 Oktober 2013

[ArchLinux] deb/rpm to pkg.tar.xz

Bismillah,

Karena terkadang kita tidak mendapatkan paket aplikasi yang dikhususkan untuk arch linux, maka saya berusaha untuk cari gimana caranya bisa buat paket pkg.tar.xz dari aplikasi berbasis debian atau rpm. Jujur saja, saya pertama kali install archlinux bingung untuk install semisal aplikasi elkirtasse, xbook, thwab, moltaqo-lib, dan lain sebagainya yang kebanyakan dibuat untuk debian/rpm. Setelah googling (gak begitu faham bhs inggris), saya dapet blog bertuliskan tulisan mandarin, saya coba translate lewat gtranslate, bihamdillah, saya sedikit faham. Berikut ini caranya (lebih pasnya scriptnya)

# Maintainer: Ihfazhillah
pkgname=elkirtass
pkgver=1.0
pkgrel=1
pkgdesc=""
arch=('i686')
url=""
license=('GPL')
groups=()
depends=()
makedepends=()
optdepends=()
provides=()
conflicts=()
replaces=()
backup=()
options=()
install=
changelog=
source=()
noextract=()
md5sums=() #generate with 'makepkg -g'

build() {
  cd ..
  deb2targz kirtass.deb #butuh deb2targz ada di aur
  tar -zxvf kirtass.tar.gz -C $pkgdir
}

# vim:set ts=2 sw=2 et:

Nah, skrip di atas untuk membuat kirtass*.pkg.tar.xz dari kirtass.deb. Tentunya skrip ini dan kirtass.deb berada di satu folder yang sama.


Kemudian, bagaimana kalau dari rpm? Perhatikan

build(){
kode
}

Ganti kode diatas mejadi
cd ..
rpmextract.sh file.rpm #butuh rpmextract.sh ada di aur
cp -r usr $pkgdir

ok, tinggal buka folder yang ada skrip ini dan file deb/rpm kemudian jalankan
makepkg

sumber Cykers

 

0 komentar:

Posting Komentar